Tab 1.1
Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3

Rabu, Mei 27, 2009

kreativitas apa sih?

Kreativitas berasal dari kata dasar kreatif yang memiliki akar kata to create yang artinya mencipta. Kreativitas menurut gagasan keilmuan merupakan hasil dari pemikiran yang kreatif, kadang disebut juga dengan pemikiran yang divergen, biasanya dianggap memiliki keaslian dan pantas.
Kreativitas adalah proses dimana seseorang melahirkan sebuah ide-ide atau gagasan baru yang brilian sehingga menghasilkan sesuatu yang baru. Seringkali kreativitas dikaitkan dengan sesuatu hal yang berbau dengan penulis, penyair, pelukis, pemusik dan segala sesuatu yang bergerak di bidang seni. Padahal kreativitas mencakup hal-hal yang lebih luas, seperti halnya mengelola bisnis hingga berkembang pesat, meningkatkan nilai penjualan produk kita, melakukan negosiasi bisnis, menyusun program komputer, menjadi orang tua yang inovatif, memiliki hidup yang menyenangkan dan membahagiakan, semuanya memerlukan tingkatan kreativitas tertentu. Kreativitas dan saat-saat penuh inspirasi merupakan hal yang sangat penting bagi segala aspek yang kita lakukan dalam hidup ini seperi hubungan antar orang seorang, keluarga, bisnis, pekerjaan, komunitas sosial dan lain sebagainya. Kreativitas telah dikaitkan dengan berbagai proses kognitif, lingkungan sosial, personality trait, dan kesempatan.
Kita semua dilahirkan dengan potensi kreativitas. Yang membedakan antara manusia dan dengan ciptaan Tuhan yang lain adalah kreativitas dan kemampuan kita dalam hal menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif. Hal ini merupakan sifat yang hakiki kita dan merupakan bagian dari siapa kita sebagai manusia. Kreativitas merupakan insting kita yang dibawa sejak kita dilahirkan, bahwa sesungguhnya alam telah mengajarkan kita untuk menjadi kreatif. Kita dapat menciptakan banyak hal dari sumber daya yang terbatas dengan melakukan proses kreativitas. Seperti yang kita ketahui bersama di dalam perhitungan yang rumit hanya ada sepuluh angka, berbagai karya tulis, sastra, dan ilmu pengetahuan hanya terdiri dari 26 alphabet. Karya musik hanya berawal dari tujuh nada dasar. Semua itu ada dan muncul karena adanya proses kreativitas manusia yang kreatif. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk mulai belajar mengembangkan kreativitas dalam diri pribadi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar